Minggu, 28 Oktober 2012

MEMBINA HUBUNGAN BAIK ANTAR SESAMA


Semakin baik Anda membina hubungan antar sesama,niscaya semakin banyak orang yang Anda kenal dengan baik.
Semakin banyak kenalan Anda, niscaya semakin besar peluang Anda melebarkan jaringan

Dibawah ini ada beberapa tips untuk dapat membina hubungan yang baik dengan sesama kita :

1. Menjadi Pendengar yang Baik
    Dalam mengawali pembicaraan, bersikaplah ramah dan simpatik agar orang mau mengadakan hubungan dengan kita. Jangan terlalu banyak berbicara. Pada dasarnya, kitalah yang harus mendengar. Seperti kata bijak , " Jika kita ingin didengar, maka jadilah pendengar yang baik".

2. Hargai orang lain
    Yang kita berikan dalam berbicara atau berkomunikasi adalah penghargaan dan penghormatan,karena setiap manusia, sadar atau tidak sadar memerlukan pengakuan akan keberadaannya.
    Bila kita memberi hormat kepada orang lain, kita tidak akan menderita kerugian sama sekali.
    Bahkan sebaliknya, orang akan bertambah simpati dan senang terhadap kita. Apalagi jika kita melakukannya dengan senyum dan penuh ketulusan.

3. Mengingat Nama
   Dalam berbicara, ada baiknya kita mengingat nama orang yang kita ajak bicara ( bila sebelumnya telah saling mengenal ). Ini akan membuat orang tersbut merasa dihargai. Kita pun harus dapat menyesuaikan diri dengan lawan bicara, misalnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh lawan bicara kita.

4. Materi dalam Pembicaraan
    Buatlah lawan bicara kita merasa penting, sehingga dia mau berbicara lebih banyak lagi. Hal ini merupakan cara kita untuk membangun suatu keinginan dalam diri orang tersebut. Bila kita telah memperoleh simpatinya, itu artinya tujuan pembicaraan kita memberi hasil. Apa yang kita inginkan dari orang tersebut pun akan terpenuhi.  

5. Yang Harus Dihindari
    Jangan sekali-kali menyalahkan orang lain walau kita tahu orang tersebut telah melakukan kesalahan. Jangan pula membicarakan kesalahannya di depan orang banyak. Sebaiknya, akan lebih bijaksana  kita menyampaikan kesalahannya dengan nada membangun, bukan malah menyalahkannya. Hindari pembicaraan yang mengarah pada debat kusir ( perdebatan yang tidak ada habis-habisnya dan tidak jelas maksud dan tujuannya ). Untuk itu , diperlukan sikap bijaksana dan jiwa besar dari Anda . Jika kita salah, segeralah minta maaf.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar